Pembelajaran tematik memiliki ciri-ciri atau
karakteristik sebagaimana diungkapkan dalam www. pppg tertulis.or.id.
sebagai berikut:
1) berpusat pada siswa,
2) Memberikan pengalaman langsung
kepada siswa,
3) Pemisahan mata pelajaran tidak begitu jelas,
4) Menyajikan
konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran.,
5)
Bersifat fleksibel,
6) Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat,
dan kebutuhan siswa. Agar diperoleh gambaran yang lebih jelas tentang
karakteristik tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Berpusat pada siswa
Proses
pembelajaran yang dilakukan harus menempatkan siswa sebagai pusat aktivitas dan
harus mampu memperkaya pengalaman belajar. Pengalaman belajar tersebut
dituangkan dalam kegiatan belajar yang menggali dan mengembangkan fenomena alam
di sekitar siswa.
2. Memberikan pengalaman langsung kepada
siswa
Agar
pembelajaran lebih bermakna maka siswa perlu belajar secara langsung dan
mengalami sendiri. Atas dasar ini maka guru perlu menciptakan kondisi yang
kondusif dan memfasilitasi tumbuhnya pengalaman yang bermakna.
3. Pemisahan mata pelajaran tidak begitu jelas
Mengingat tema dikaji dari berbagai mata pelajaran dan
saling keterkaitan maka batas mata
pelajaran menjadi tidak begitu jelas.
4. Menyajikan konsep dari berbagai mata
pelajaran dalam suatu proses pembelajaran.
5. Bersifat fleksibel
Pelaksanaan
pembelajaran tematik tidak terjadwal
secara ketat antar mata pelajaran.
6. Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai
dengan minat, dan kebutuhan siswa.
Sehubungan dengan hal tersebut diungkapkan pula dalam www
p3gmatyo.go.id/download/SD karakteristik pembelajaran terpadu/tematik
sebagai berikut:
1) pembelajaran berpusat pada anak,
2) menekankan pembentukan
pemahaman dan kebermaknaan,
3) belajar melalui pengalaman langsung,
4) lebih
memperhatikan proses daripada hasil semata,
5) sarat dengan muatan keterkaitan.
Oleh: Sungkono
0 komentar:
Posting Komentar